Sejak awal didirikan tahun 2012, FST Universitas Jambi memiliki komitmen yang kuat untuk senantiasa berperan dalam menghasilkan lulusan berkualitas demi masa depan bangsa untuk mendorong dan menopang terwujudnya industrialisasi di Jambi, regional dan nasional dan dapat menopang visi pemerintah daerah tentang Jambi EMAS (Ekonomi Maju Adil dan Sejahtera) dan dilanjutkan dengan visi Jambi Tuntas serta menopang program strategis nasional yakni Koredor Ekonomi Sumatera yang tertuang dalam dokumen MP3EI. Sejalan dengan paradigma pendidikan modern yang tertuang dalam Undang-Undang Pendidikan Tinggi No 12 tahun 2012, FST merumuskan kembali komitmen jangka panjangnya agar dapat secara aktif ikut ambil bagian dalam upaya peningkatan daya saing bangsa dalam bidang pendidikan.

Dalam prespektif sejarah, pendirian Falkultas Sains dan Teknoilogi (FST) diawali dengan Pendirian Faktultas Matematika dan Ilmu Pengerahuanm Alam (FMIPA) ketika itu, Univcrsilas Jambi (UNJA) memperoleh Proyek Perngembangan Sebelas Perguruan Tinggi (PPSLPT) tahun 1994. Fokusnya, pengembangan laboratorium dan peningkatan kualifikasi dosen studi lanjut S-2 dan S-3.

Tahap berikutnya, pada tahun l996 UNJA mcmpcyoleh hibah kompetitif Deveiopment Undergraduate Education Project (DUE-Project) yang salah satu amanatnya adalah mcndirikan FMIPA. Pemenuhan peralatan laboratorium dasar dan lanjut serta peningkatan kualifikasi dosen studi lanjut S-2, S-3 baik di dalam negeri maupun keluar negeri merupakan agenda penting untuk menopang pengembangan ilmu-ilmu dasar. Namun, secara kelembagaan FMIPA yang dicita-citakan belum dapat diwujudkan. Untuk melayani kegiatan praktikum mata kuliah dasar makadidirikanlah Unit Pelayanan MIPA (UPMIPA).

Rintisan FMIPA terus berlanjut dengan dibukanya program Diploma Tiga (D- III) Analis dan Industri oleh team dosendosen Pendidikan MIPA FakuItas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan diterbitkannya izin penyelenggaraan oleh Dirjen Dikti No: 498/D/T/2002. Selanjutnya, bersamaan pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter di UNJA, Tim mengusulkan pembukaan Program studi Kimia hingga diperoleh izin operasional No: 2899/D/T/2007 yang penyelenggaraanya di Kampus UNJA Sarolangun. Dalam perjalananya program studi tersebut mempcroleh mahasiswa baru sehingga diputuskan untuk ditarik ke kampus induk (Kampus UNJA Pinang Masak. Mendalo).

Tim pendirian FST di bentuk berdasarkan SK Rektor Universitas Jambi yakni Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D (FKIP), Dr. Ir. Suparjo. MP, (Fapet), Ir. H. Teguh Sumarsono, M.Si., (Fapet) Dr. H. Rayandra Asyhar, M.Si., (FKIP), Ir. H. Yusrizal, M.Sc., Ph.D (Fapet) dan Dr Ir. Sahrial (Faperta). Naskah Akademik FST disusun bcrsamaan dengan penyusunan usulan Naskah Akademik Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) berdasarkan SK Rektor No. 519/UN21/DT/2012 tanggal 24 Juli 2012 dengan Ketua Dr. dr. Yuwono, M. Blomed dan Sekretaris Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D.

Memformulasikan FST menjadi fakultas dengan ketersediaan program studi yang ada di UNJA merupakan kendala utama karena berakibat pada reposisi keberadaan prodi dan fakultas yang sudah ada. Atas kerja keras tim dan komitmen Rektor secara intensif berkonsultasi dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi. Direktur Kelembagaan dan kerjasama maka keinginnn untuk mendiriknn FST dapat diwujudkan berdasarkan mandat Pemerintah Republik Indunesia cq. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pcndidiknn dan Kebudayaan No: 1598/E/T/2012 tanggal 28 DesembEr 20l2.

Merujuk pada mandat tersebut maka program studi yang diselenggarakan dibawah FST adalah prograrn studi Fisika, Biologi, Matematika, Kimia, Farmasi, Sistem Informasi, Teknik Pertambangan, Teknik Geologi, D-III Analis Kimia dan Kimia Industri.