News and Blog

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) UNGKAP KENDALA DAN SOLUSI

IMG_2308 - Rakhmatul Arafat, S.T., M.T.
AgendaAkademikBerita

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) UNGKAP KENDALA DAN SOLUSI

Jambi, 8 September 2023 – Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Jambi (Unja) baru-baru ini sukses menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) yang berfokus pada evaluasi pelaksanaan magang di lingkungan FST. Kegiatan yang berlangsung di Lantai 1 Gedung B FST ini diselenggarakan oleh Unit Magang FST, yang bertugas untuk mengevaluasi pelaksanaan magang dan kerja praktik mahasiswa di fakultas ini.

Acara FGD ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk koordinator program studi, ketua dan sekretaris jurusan, dosen-dosen, dan perwakilan mahasiswa dari FST. Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Drs. Jefri Marzal, M.Sc., D.I.T, juga turut hadir dalam acara ini bersama dengan narasumber dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), PT Lontar Pulp and Paper, serta perwakilan dari Internal Unja.

Acara yang dimoderatori oleh Ibu Reni Aryani, S.Kom., M.S.I dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan kata sambutan dari Ketua Panitia, Bapak Rakhmatul Arafat, M.T. Selanjutnya, Dekan FST, Drs. Jefri Marzal, M.Sc., D.I.T, memberikan kata sambutan dan secara resmi membuka acara FGD.

Sesi pertama acara ini fokus pada penyampaian materi oleh Ibu Sri Utami Widiastuti, Ah.Mg., dari BMKG Stasiun Jambi. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta FGD. Materi kedua disampaikan oleh Bapak I Gede Ketut Buana, S.T. dari PT Lontar Pulp and Paper. Sebelum masuk ke inti FGD, ketua panitia mempresentasikan hasil dari kuisioner yang telah disebarkan kepada mahasiswa beberapa waktu lalu. Data dari kuisioner ini mengungkap berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan magang di FST. Selain itu, perwakilan dari tiap jurusan juga diundang untuk berbicara tentang kendala magang yang mereka alami.

Selama acara, juga dibahas tentang Program Ferien Job ke Jerman yang disampaikan oleh Ibu Dr. Sri Wachyunni., S.S., M.Hum., M.A dari Kepala Unit Pelaksana Teknis Layanan Internasional Unja dan Sistem Edimas, yang memfasilitasi kegiatan magang di UNJA.

Puncak dari FGD ini adalah saat para koordinator program studi, ketua, dan sekretaris jurusan menyampaikan berbagai kendala yang telah dihadapi selama ini dalam pelaksanaan magang di FST. Mereka juga memberikan masukan yang berarti untuk perbaikan di masa depan. Kendala-kendala ini sekarang menjadi prioritas bagi pihak FST, khususnya Unit Magang, untuk mencari solusi dan jalan keluar agar pelaksanaan magang dapat berjalan lebih optimal di Fakultas Sains dan Teknologi Unja.

 

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tomorrow is our

"When I Grow Up"

Spirit Day!