News and Blog

KOLABORASI DUA NEGARA ASEAN MENGINISIASI KERJASAMA ACADEMIC COLLABORATION, STUDENT EXCHANGE, DAN VISITING LECTURER

P4
AgendaAkademikBerita

KOLABORASI DUA NEGARA ASEAN MENGINISIASI KERJASAMA ACADEMIC COLLABORATION, STUDENT EXCHANGE, DAN VISITING LECTURER

Malaysia, 08 – 09 Agustus 2023, Program Studi Kimia, Jurusan MIPA, dan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi melaksanakan Kunjungan Kerjasama pada bidang Academic Collaboration, Student Exchange, dan Visiting Lecturer dengan Faculty of Sciences University Malaya. Universitas Jambi dengan Visi menjadi “World Class Entrepreneurhsip University” berbasis Agroindustri dan Lingkungan yang dimuat dalam Rencana Strategis (Renstra) Universitas Jambi memberikan focus looking outwards untuk pengembangan UNJA SMART ke depan. Salah satu Indikator untuk pencapaian tersebut adalah (1) Meningkatnya Publikasi ilmiah dosen pada jurnal bereputasi internasional, (2) Meningkatnya kerjasama penelitian dengan institusi nasional dan internasional, (3) peningkatan student exchange dalam rangka peningkatan wawasan mahasiswa. Dalam Upaya mewujudkan visi tersebut langkah awal yang perlu dan penting dilakukan adalah membangun kerjasama secara legal melalui MoA antara Fakultas dan IA antara Departemen/Program Studi sebagai bentuk turunan dari MoU antara Universitas. MoA dan IA akan menjadi modal dasar untuk pelaksanaan berbagai kerjasama antara institusi.

Program Insiasi kerjasama pada Tahun 2023 sangat mendukung sasaran strategis UNJA menuju World Class Entrepreneuship University dimana melalui program ini, UNJA akan terhubung dan dapat menjalin mutual kolaborasi dengan perguruan tinggi bereputasi salah satunya dengan University Malaya, di Malaysia. Melalui kegiatan ini juga akan meningkatkan kuantitas kerjasama luar negeri dalam berbagai bidang tri-dharma, Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tim Dosen dan Pimpinan Fakultas yang berangkat diketuai oleh Ir. Bambang Hariyadi, M.Si., Ph.D (Wakil Dekan Bidang Akademik, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi); dengan tim Dr. Madyawati Latief, S.P., M.Si (Wakil Dekan Bidang Umum, Perencanaan, dan Keuangan Fakultas Sains dan Teknologi); Prof. Drs. Damris Muhammad, M.Sc., Ph.D, Indra Lasmana Tarigan, M.Sc., (Dosen Program Studi Kimia) dan Subur Sinten, S.H., M.H (Tenaga Pendidik Fakultas Sains dan Teknologi).

Faculty of Science, University Malaya, Malaysia merupakan fakultas tertua dan paling berprestasi di Universitas. Didirikan pada tahun 1959 dengan awalnya empat departemen yaitu Departemen Botani, Departemen Kimia, Departemen Matematika dan Departemen Zoologi. Saat ini, Fakultas Sains memiliki dua institut dan empat departemen yang berganti nama menjadi Institut Ilmu Biologi, Institut Sains Matematika, Departemen Kimia, Departemen Fisika, Departemen Geologi dan Departemen Studi Sains & Teknologi. Saat ini, Fakultas Sains, fakultas terbesar di Universitas Malaya dengan hampir 3000 mahasiswa sarjana, 900 mahasiswa pascasarjana, 226 staf akademik dan 265 staf pendukung. Selain berfungsi sebagai pusat pengajaran, Fakultas Sains, yang dikelola oleh para peneliti lokal dan internasional, berfungsi sebagai pusat penelitian utama untuk Sains & Teknologi di wilayah tersebut, yang memiliki peralatan penelitian canggih dan fasilitas kelas dunia. Untuk meningkatkan pengalaman mengajar, Fakultas Sains juga memiliki Rimba Ilmu, museum zoologi dan geologi, serta stasiun penelitian. Fakultas ini juga mengelola jurnal ilmiah online-nya sendiri, Malaysian Journal of Science.

Kegiatan kunjungan ini akan ditindak lanjuti dalam bentuk Penandatanganan MoU Universitas Jambi dan University Malaya, Penandatanganan MoA Fakultas Sains dan Teknologi UNJA dan Faculty of Science UM, Penandatanganan IA Antara Program Studi Kimia UNJA dengan Department of Chemistry, UM, Implementasi Program Pertukaran Mahasiswa Semester Ganjil 2023/2024, Implementasi Team Teaching dan Joint Supervisor dan Kolaborasi Riset antara Dosen Kimia Universitas Jambi dan Universiti Malaya.

Kegiatan ini diharapkan memberikan dampak meningkatkan Kolaborasi/Kerjasama Program Studi Kimia, Fisika, Biologi, Matematika, dan Geologi melalui Payung MoA Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi dengan Faculty of Science and Technology, Universiti Malaya yang merupakan Perguruan Tinggi Kelas Dunia dalam rangka Mendukung IKU 6, Peluang Mahasiswa Program Studi Kimia, Fisika, Biologi, Matematika, dan Geologi memiliki peluang untuk mendapatkan pengalaman di Luar Kampus selama 1-2 semester, mendukung IKU 2, Program Visiting Lecturer antara Fakultas Sains dan Teknologi UNJA dengan Faculty of Sciences UM, dapat mendukung IKU 3 dan IKU 4,  serta membuka peluang Kerjasama Penelitian guna meningkatkan rekognisi hasil kinerja Dosen, dapat mendukung IKU 5.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tomorrow is our

"When I Grow Up"

Spirit Day!