News and Blog

Mahasiswa Prodi Teknik Kimia Demonstrasi Pembuatan Yogurt

WhatsApp Image 2022-10-19 at 08.21.56 (1)
PKM Dosen FST

Mahasiswa Prodi Teknik Kimia Demonstrasi Pembuatan Yogurt

Dosen dan Mahasiswa Prodi Teknik Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi gelar pengabdian kepada masyarakat di kelurahan Kenali Besar Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi pada Sabtu (15/10/22). Uniknya kegiatan ini merupakan kolaborasi bersama Prodi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Materi pengabdian yang disampaikan adalah pembuatan Yogurt Aroma Herbal yang di demonstrasi langsung oleh mahasiswa  Prodi Teknik Kimia FST UNJA dan Prodi Kimia FST UIN STS Jambi . Sebagai sasaran pengabdian adalah perwakilan warga Rukun Tetangga (RT) 12, 35, 50 dan 56 Kelurahan Kenali Besar Kecamatan Alam Barajo. Hadir pada kesempatan ini perangkat RT. 12 Kenali Besar, Abdul Thalib, Dosen Prodi Teknik Kimia FST UNJA, Sarah Fiebrina Heraningsih, ST., MT serta Ketua dan Dosen Prodi Kimia FST UIN STS Jambi Badariah, M.Pd., dan Intan Noviarni, M.Si.

Dalam penyampaian materinya, Dosen Prodi Teknik Kimia FST UNJA, Sarah Fiebrina Heraningsih, ST., MT, mengatakan perlunya pemenuhan standar dan regulasi produksi pangan agar memberi jaminan keamanan produknya. Demikian juga halnya dalam pembuatan minuman kesehatan yogurt.

“Dalam industri pengolahan makanan maupun minuman menuntut prioritas keamanan pangan yang terintegrasi pada jaminan mutu yang disebut Sistem HACCP. Tujuannya agar terjamin produksi pangan aman setiap saat dan memberikan kepuasan kepada customer. Oleh karena itu walaupun pembuatan yogurt ini sangat mudah dan sederhana, jika produksinya untuk tujuan komersil, maka proses pembuatannya perlu memenuhi standar dan regulasi HACCP sehingga dapat memberikan keamanan produk dan kepuasan penggunanya,”terang dosen Teknik Kimia ini.

Dalam sambutannya Kaprodi Kimia, Badariah, M.Pd mengatakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat kolaborasi bersama Prodi Teknik Kimia UNJA ini adalah yang ke-2 (dua) kalinya setelah kegiatan yang sama tahun lalu dengan mengikut sertakan mahasiswa sebagai aktivator kegiatan.

“Pada 2021 lalu kita kolaborasi dalam Sosialisasi Limbah Batik serta Pengelolaan Bahan Kimia Berbahaya dengan sasaran para pengrajin batik di Kota Jambi. Sedangkan pada tahun 2022 ini kita menyasar pada ibu rumah tangga dalam pembuatan minuman kesehatan keluarga yaitu Yogurt Aroma Herbal. Untuk ini kembali kita libatkan mahasiswa agar lebih berperan aktif diluar kampus. Alhamdulillah dapat berjalan dengan lancar,”ungkap Kaprodi Kimia Badariah, M.Pd.

Lebih lanjut dalam penyampaian materi pengabdian, Badariah menekankan pentingnya manfaat yogurt untuk kesehatan tubuh karena kandungan nutrisi gizi pada minuman ini cukup lengkap dan pembuatannya juga sangat sederhana.

“Kandungan nutrisi gizi di dalam yogurt cukup banyak dan lengkap akan vitamin-vitamin dan bahan-bahan esensial lainnya. Yogurt merupakan sumber probiotik yang menjaga dan memperbaiki kesehatan tubuh. Pastinya, semua kandungan di dalam yogurt berfungsi untuk menjaga fungsi tubuh agar bekerja dengan optimal. Selain itu proses pembuatannya pun sangat mudah dan sederhana serta dapat dilakukan di rumah,”jelasnya.

Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan yogurt dengan aroma herbal oleh dua orang mahasiswa Prodi Kimia UIN dan Prodi Teknik Kimia UNJA. Kegiatan dimulai dari pengenalan bahan dan alat yang dipakai yang dilanjutkan kemudian dengan proses pembuatan yogurt secara terperinci di hadapan warga masyarakat. Kegiatan diakhiri dengan pemberian secara simbolis yogurt siap konsumsi yang telah diproduksi sebelumnya oleh mahasiswa kepada warga yang mengikuti kegiatan pengabdian ini.

Secara terpisah, Ketua Forum RT Kelurahan Kenali Besar, Khairisan memberikan ucapan terima kasih terkait kegiatan pengabdian kepada masyarakat karena dirasa banyak manfaatnya bagi warga terutama ibu-ibu rumah tangga.

“Atas nama warga dan Forum RT se-Kelurahan Kenali Besar, kami memberikan apresiasi dan terimakasih yang sebesar-besarnya karena lingkungan kami menjadi tempat kegiatan ini. Kami rasa manfaatnya besar sekali terutama bagi ibu-ibu rumah tangga. Pada kesempatan ini juga kami berharap semoga kegiatan ini terus berlanjut dengan materi-materi sederhana dan mempunyai nilai manfaat bagi warga masyarakat,” demikian ungkapan dan harapan ketua RT 12 ini.

Leave your thought here

Your email address will not be published.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Compare ×
Let's Compare! Continue shopping