SISTEM INFORMASI

VISI PROGRAM STUDI

Visi dari Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi adalah “pada tahun 2027 menjadi Program Studi Sistem Informasi unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional, kompeten di bidang manajemen dan rekayasa sistem informasi, serta beperan dalam usaha pengembangan sumber daya alam, agroindustri dan lingkungan melalui pemanfaatan teknologi informasi”.

MISI PROGRAM STUDI

Dan untuk mencapai visi tersebut, maka dilakukan beberapa misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berkualitas, didukung tenaga pengajar profesional dan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu kepada kebutuhan dunia industri global.
  2. Melaksanakan penelitian yang berkontribusi bagi pengembangan bidang ilmu sistem informas
  3. Berperan aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu dan hasil penelitian di bidang Sistem Informasi untuk mendukung manajemen dan pengelolaan sumber daya alam, agroindustri dan lingkungan.

TUJUAN PROGRMA STUDI

Tujuan dari Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi ini adalah sebagai berikut :

  1. Menghasilkan Lulusan S1 Sistem Informasi yang berwawasan internasional dan memiliki pengetahun dasar tentang ilmu sistem informasi.
  2. Menghasilkan Lulusan S1 Sistem Informasi yang mampu mengembangkan ilmu Sistem Informasi melalui riset berkelanjutan.
  3. Menghasilkan Lulusan S1 Sistem Informasi yang memiliki dasar pengetahuan dan pengalaman di bidang manajemen dan atau di bidang rekayasa sistem informasi yang mampu mendukung penerapan teknologi sistem informasi guna memberikan nilai tambah terhadap pengembangan sumber daya alam, agroindustri dan lingkungan.
  4. Menghasilkan lulusan S1 Sistem Informasi yang memiliki keahlian sebagai Software Engineering dan Network Engineering.
  5. Menghasilkan Lulusan S1 Sistem informasi yang memiliki kemampuan dalam melakukan pengelolaan sistem informasi secara efektif dan efisien.
  6. Menghasilkan Lulusan S1 Sistem Informasi yang memiliki keahlian sebagai tenaga konsultan atau pengelola proyek pengembangan sistem informasi pada suatu organisasi.
  7. Menghasilkan Lulusan S1 Sistem Informasi yang memiliki kemampuan/ keterampilan dalam kewirausahaan.

SASARAN PROGRAM STUDI

Sasaran dari Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi adalah sebagai berikut :

  1. Pada tahun 2017, Program Studi Sistem Informasi menghasilkan lulusan berwawasan internasional yang memiliki kompetensi sesuai KKNI di bidang manajemen sistem informasi dan atau rekayasa sistem informasi, berkepribadian profesional, cerdas dan kompetitif, serta memiliki jiwa wirausaha;
  2. Pada tahun 2017, telah terbangun infrastruktur dan laboratorium komputer pendukung Program Studi Sistem Informasi sesuai dengan standar yang ditetapkan;
  3. Pada tahun 2017, Program Studi Sistem Informasi telah memiliki dosen dengan kualitas magister dan doktor sesuai bidang keahliannya;
  4. Pada tahun 2017, Program Studi Sistem Informasi mewujudkan lulusan tepat waktu (=4 tahun) mencapai 50%;
  5. Pada tahun 2017, rerata masa tunggu kerja lulusan Program Studi Sistem Informasi mencapai ≤ 12 bulan;
  6. Pada tahun 2017, terlaksananya Tridharma Perguruan Tinggi secara profesional dan beretika dengan memberdayakan segenap potensi yang ada pada Program Studi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan kebutuhan pengetahuan dan keterampilan pada perusahaan/Instansi pemerintah
  7. Sampai tahun 2017, peraturan akademik dan tata kehidupan kampus telah menggunakan milik program studi yang mengacu pada fakultas

STRATEGI PENCAPAIAN PROGRAM STUDI

Untuk mencapai sasaran dari program studi ini, maka dilakukan strategi pencapaian sasaran program studi sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas masukan calon mahasiswa serta mutu proses belajar mengajar untuk menciptakan atmosfir akademik yang optimal.
  2. Mendorong berbagai kegiatan yang bisa meningkatkan kemampuan akademik dan wawasan dosen atau mahasiswa
  3. Meningkatkan kemampuan dasar bidang keilmuan sains dan teknologi bagi mahasiswa baru dengan menata model TPB (tahapan perkuliahan tahun pertama bersama) yang dikemas dalam model pembelajaran yang inovatif;
  4. Mendorong kegiatan yang meningkatkan semangat entrepreneurship di antara mahasiswa;
  5. Memperbaiki metoda pembelajaran dari setiap matakuliah dengan mengutamakan metoda SCL (Student Centered Learning) yang disesuaikan dengan karakteristik materi matakuliah tersebut;
  6. Membentuk kerjasama dengan lembaga pelatihan TOEFL untuk memberikan pelatihan TOEFL kepada mahasiswa program studi Sistem Informasi
  7. Meningkatkan kompetensi keilmuan tenaga pengajar melalui jenjang pendidikan lebih tinggi melalui studi lanjut (S-3) pada bidang ilmunya dan pelatihan;
  8. Melaksanakan sistem monitoring dan evaluasi untuk perkembangan studi mahasiswa, rentang waktu penyelesaian skripsi, kedisiplinan dosen dan kecukupan sarana penunjang.
  9. Meningkatkan jumlah keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen.
  10. Melakukan kerjasama antara program studi dengan stakeholder melalui kegiatan magang, penelitian dan pengabdian masyarakat yang melibatkan mahasiswa
  11. Melakukan promosi kompetensi Sarjana Sistem Informasi melalui temu alumni dengan
  12. Peningkatan kompetensi Sarjana Sistem Informasi melalui pelatihan softskill maupun kompetensi keahlian dengan mengundang tenaga ahli dibidangnya
  13. Melakukan tracer alumni secara berkala dan berkelanjutan melalui jejaring sosial dan WEB dalam tautan http://www.si.unja.ac.id
  14. Pengayaan materi kuliah melalui pembentukan kelompok dosen dan kajian materi kuliah seiring dengan pengoptimalisasian fungsi laboratorium.
  15. Pengembangan RPS dengan mempertimbangkan masukan stakeholder
  16. Memonitor pelaksanaan kuliah melalui pendistribusian buku monitoring
  17. Menyediakan sarana dan prasarana perkuliah berupa pemasangan jaringan internet
  18. Mengusulkan penerimaan dosen baru berdasarkan kebutuhan
  19. Merekonstruksi RPS yang sudah ada sesuai kebutuhan terkini
  20. Mengoptimalkan laboratorium komputer
  21. Memfasilitasi dosen dalam penyediaan dana pelaksanaan penelitian dan pengabdian
  22. Mendorong dosen untuk melakukan penilaian yang transparan dan akuntabel
  23. Menjalankan angket tentang pelaksanaan perkuliah dan layanan kampus kepada mahasiswa
  24. Peningkatan dan pengembangan sarana dan prasarana dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana penunjang dalam proses belajar dan mengajar seperti laboratorium, perpustakaan dan fasilitas administrasi serta penyediaan gedung kuliah baru secara terintegrasi; menjadikan laboratorium ilmu dasar dan penelitian terakreditasi secara nasional; mengoptimalkan jaringan komunikasi komputer (LAN, Internet) sebagai komunikasi data administrasi; menjadikan laboratorium dasar dan penelitian sebagai pusat pelayanan pendidikan, penelitian,dan usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *