K I M I A

VISI PROGRAM STUDI

Pusat unggulan pengembangan kajian riset dasar ilmu kimia dan terapan yang mendukung pengembangan sumber daya alam,  agroindustri, dan lingkungan di tahun 2025.

 MISI PROGRAM STUDI

  1. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di ilmu Kimia yang berkualitas dan berkelanjutan dengan memanfaatkan ICT (Information, Comunication, Technology) sehingga dapat menghasilkan sarjana kimia yang memenuhi kompetensi lulusan kimia, berkepribadian, profesional dan kompetitif.
  2. Mengembangkan ilmu Kimia melalui penelitian dan inovasi berkelanjutan.
  3. Menfasilitasi proses kajian riset dasar kimia dan riset kimia yang mendukung pengembangan agroindustri, dan lingkungan.
  4. Menerapkan hasil-hasil penelitian dan inovasi dalam bidang Kimia dan Ilmu kimia dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat serta menjadi mitra masyarakat.
  5. Menciptakan semangat kewirausahaan di lingkungan kampus dan di masyarakat.

 TUJUAN PROGRAM STUDI

  1. Menghasilkan Lulusan S1 Kimia yang memiliki pengetahun dasar tentang ilmu kimia.
  2. Menghasilkan Lulusan S1 Kimia yang mampu mengembangkan ilmu kimia melalui riset berkelanjutan.
  3. Menghasilkan Lulusan S1 Kimia yang memiliki dasar pengetahun dan pengalaman dalam mendukung pengembangan agroindustri, agroforestri dan lingkungan.
  4. Menghasilkan Lulusan S1 Kimia yang memiliki kemampuan dalam melakukan pengolahan limbah/pengendalian lingkungan.
  5. Menghasilkan Lulusan S1 Kimia yang memiliki keahlian dalam aplikasi komputer pada sistem monitoring dalam proses agroindustri dan penataan lingkungan.
  6. Menghasilkan Lulusan S1 Kimia yang memiliki kemampuan/keterampilan dalam kewirausahaan.

Asisten peneliti/kimiawan   Asisten peneliti atau kimiawan yang melakukan penelitian dalam aspek fundamental dan  pengaplikasian ilmu kimia untuk perkembangan sains dan teknologi dalam memecahkan permasalahan di bidang kimia.

PROFIL LULUSAN

Calon Akademisi (Pendidik) .   Calon tenaga kependidikan yang berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan ilmu kimia dengan tugas khusus sebagai profesi pendidik seperti, guru, dosen, konselor, pamong belajar, instruktur, tutor, dan fasilitator.

Wirausahawan.   Pelaku aktivitas wirausaha dengan berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya

Asisten Konsultan.  Tenaga profesional yang membantu konsultan menyediakan jasa nasihat ahli dalam bidang keahliannya, seperti konsultan lingkungan yang membahas AMDAL, pengolahan limbah, dan aspek kimia lainnya.

Tenaga quality control.   Tenaga ahli yang bekerja meneliti, mengembangkan, merancang dan mengintegrasikan kegiatan-kegiatan pemeliharaan, pengembangan mutu dan pemeriksaan suatu proses agar tetap sesuai dengan standar kualitas yang diinginkan oleh pelaku industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *