FISIKA

SELAYANG PANDANG

Provinsi Jambi merupakan salah satu penghasil produk perkebunan dan kehutanan utama di wilayah Sumatera. Daerah ini juga memiliki perkembangan yang pesat dalam bidang industri dan pertanian. Potensi kekayaan alam di Provinsi Jambi seperti minyak bumi, gas bumi, batu bara dan timah putih menambah keunggulannya. Keunggulan yang dimiliki daerah ini sangat berpotensi untuk mempertinggi pertumbuhan ekonomi Indonesia bagian barat sesuai dengan pemetaan MP3EI.

Penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), serta pelestarian budaya dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) sangat diperlukan agar memiliki kemampuan untuk mentransformasikan secara optimal sumber daya alam maupun budaya Provinsi Jambi sehingga dapat menghasilkan produk yang memiliki nilai tambah dan daya saing tinggi dengan daerah lain, lebih luasnya dengan bangsa lain.

Pengembangan SDM yang berkualitas tidak dapat dipisahkan dari perkembangan Fisika yang cukup pesat. Daya analisis yang baik dalam proses pengambilan keputusan merupakan kunci utama dalam persaingan pasar global. Hal ini merupakan refleksi dari SDM dengan kualifikasi program studi Fisika.

Penggunaan Fisika dalam industri dan kebumian semakin berkembang pesat, dan fisikawan telah memberikan kontribusi pada keunggulan teknis dan penghematan biaya melalui pemodelan, analisis dan komputasi yang cerdik (SIAM: Society for Industrial and Applied Mathematics Report on Mathematics, 2012),

Fisika merupakan ilmu yang tergolong tua, namun fisika terus berkembang hingga saat ini. Perkembangan fisika ini didasari oleh dua hal kebutuhan. Pertama, kebutuhan memenuhi rasa ingin tahu untuk mengenali dan memahami sifat-sifat berbagai obyek fisika yang merupakan hasrat memperluas khazanah keilmuan fisika. Kedua, kebutuhan untuk menyelesaikan persoalan dalam kehidupan sehari-hari, yang berasal dari kebutuhan industri dan masyarakat.

VISI PROGRAM STUDI

Pusat unggulan pengembangan kajian riset dasar ilmu Fisika dan terapan yang mendukung pengembangan sumber daya alam, agroindustri dan lingkungan di tahun 2025.

MISI PROGRAM STUDI

Untuk mencapai visi program studi fisika maka dilaksanakan penjabaran dari visi tersebut yang dituangkan dalam Misi Program Studi Fisika dengan menfokuskan pada material alam, pemanfaatan energi ramah lingkungan, pemodelan, dan keahlian dalam mengoperasikan instrumentasi fisika dalam mengolah/ menganalisis data yang diperoleh dari instrumen tersebut. Adapun Misi Prodi Fisika meliputi:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di ilmu Fisika yang berkualitas dan berkelanjutan dengan memanfaatkan ICT (Information, Comunication, Technology) sehingga dapat menghasilkan sarjana Fisika yang memenuhi kompetensi lulusan Fisika, berkepribadian, profesional dan kompetitif.
  2. Menfasilitasi proses kajian riset dasar Fisika dan riset Fisika yang mendukung pengembangan agroindustri, dan lingkungan.
  3. Mengembangkan dan menemukan bentuk-bentuk energi alternatif yang berkelanjutan dan ramah lingkungan serta berkesinambungan.
  4. Meningkatkan ketrampilan sehingga menghasilkan lulusan yang mampu mengoperasikan berbagi jenis instrumentasi fisika.

Menerapkan hasil-hasil penelitian dan inovasi dalam bidang Fisika dan Ilmu Fisika dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat serta menjadi mitra masyarakat.

TUJUAN PROGRAM STUDI

  1. Menghasilkan Lulusan S1 Fisika yang memiliki pengetahun dasar tentang ilmu Fisika.
  2. Menghasilkan Lulusan S1 Fisika yang mampu mengembangkan ilmu Fisika melalui riset berkelanjutan.
  3. Menghasilkan Lulusan S1 Fisika yang memiliki dasar pengetahun dan pengalaman dalam mendukung pengembangan agroindustri, energi lingkungan dan instrumentasi.
  4. Menyiapkan lulusan S1 Fisika yang mempunyai keahlian dalam bidang perancangan dan penggunaan instrumentasi fisika, memiliki keahlian dalam pemodelan fisika untuk menghasilkan suatu IPTEK yang inovatif.
  5. Menghasilkan lulusan S1 Fisika yang handal dan memiliki sikap wawasan Benua Maritim dan pelaksanaan strategi kefisikaan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan.

SASARAN PROGRAM STUDI FISIKA

  1. Dalam 5 tahun ke depan program studi fisika telah menjadi pusat pengembangan fisika yang berperan dalam kemajuan IPTEKS, yang berbasis agroindustri dan lingkungan dengan menganalisis sifat material alam dan energi alternatifdari tinjauan fisika yang diaplikasikan untuk menghasilkan teknologi dengan didukung oleh instrumentasi fisis dan pemodelan dengan memperhatikan kelestarian lingkungan hidup.
  2. Dalam 5 tahun kedepan program studi Fisika telah memiliki fasilitas, sarana, serta teknologi komunikasi dan informasi yang lengkap untuk sarana pembelajaran.
  3. Dalam beberapa tahun akan telah memiliki jaringan yang luas antara lain dengan pemerintah, dunia usaha, industri serta perguruan tinggi dan lembaga IPTEKS lainnya, baik di dalam maupun di luar negeri.
  4. Pada Tahun 2020 Program Studi Fisika telah mempunyai Kualifikasi Kompetensi Nasional Indonesia (KKNI) dengan mengintegrasikan IPTEK di bidang Fisika yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
  5. Pada Tahun 2020 Program Studi Fisika telah menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai kompetensi dan professional dengan rerata IPK > 3 lebih dari 90% lulusan.
  6. Pada Tahun 2020 Program Studi Fisika telah mengoptimalkan penggunaan fasilitas 4 jenis laboratorium untuk penelitian berlanjut mahasiswa dan dosen.
  7. Pada Tahun 2020 Program Studi Fisika telah mengoptimalkan 90% kinerja laboratorium TIK dalam proses penyelesaian dalam bidang Fisika.

Selain itu Prodi Fisika menganut sistem nilai UNJA yaitu pengembangan budaya kualitas (quality culture) yaitu budaya selalu berusaha melakukan perbaikan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan misi. Sistem nilai yang dianut oleh program studi Fisikajuga menjamin kebebasan pengembangan diri yang adaptif dan kreatif.

Penyelenggaraan misi pendidikan dalam rangka menumbuhkembangkan wawasan keserbautuhan dalam menghadapi fenomena sosial dan alam, serta dalam pengembangan dan penyebarluasan ipteks memerlukan sejumlah sikap budaya kualitas yang meliputi:

  1. Berwawasan holistik dalam memandang setiap permasalahan.
  2. Mengutamakan kecermatan (taat azas, telaah kritis, teguh-tekun-ulet) dan kejujuran (sistematik-obyektif, dan bertanggung jawab), serta,
  3. Menjunjung tinggi 4 (empat) dimensi keunggulan manusia, yaitu kebenaran, kebaikan, keindahan, dan keutuhan.

Pengembangan ipteks diarahkan untuk memperluas kebermanfaatan peran kemajuannya bagi pemikiran dan perilaku manusia dalam budaya kualitas, sehingga diperlukan pengembangan tindakan yang menghargai keanekaragaman, apresiasi terhadap kompleksitas dan mengedepankan kreatifitas sebagai awal dari inovasi. Kemajuan ipteks dalam budaya kualitas senantiasa digunakan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya budaya masyarakat, sehingga diperlukan untuk menumbuhkembangkan perilaku keberbagian. Untuk itu diperlukan sikap yang mampu bekerjasama dalam kemitraan, responsif dan partisipatif dalam proses pembaharuan.

PROFIL LULUSAN

  1. Peneliti.   Peneliti di bidang fisika material, fisika instrumentasi, fisika bumi dan fisika medis dengan pemanfaatan sumber daya alam, agroindustri dan pengembangan teknologi untuk menghasilkan sumber energi alternatif.
  2. Calon Pendidik. Pengajar yang menguasai konsep teoritis dan praktik bidang pengetahuan yang terampil bagi pusat unggulan pendidikan berbasis ilmu fisika dan terapannya.
  3. Pemodel. Pelaku pemograman yang menguasai konsep pemograman fisika material, fisika intrumentasi, fisika bumi, fisika medis serta memiliki kemampuan sebagai software developper
  4. Calon Fisikawan Medis. Fisikawan yang berkarya di bidang kesehatan dengan menguasai konsep instrumentasi dalam fisika medis, radiologi, radioterapi dan instrumen kedokteran modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *