MATEMATIKA

VISI PROGRAM STUDI

Pada tahun 2025 menjadi Program Studi Matematika yang UNGGUL dalam pembelajaran, penelitian, penerapan, pengembangan matematika dan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung sains dan teknologi berbasis agroindustri dan lingkungan.

MISI PROGRAM STUDI

  1. Meningkatkan sumber daya manusia melalui proses pendidikan dalam penerapan matematika di bidang sains dan teknologi yang bermutu dan berkelanjutan dengan memanfaatkan perkembangan sains dan teknologi;
  2. Menyediakan sarana dan lingkungan yang kondusif dalam proses belajar mengajar untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi sumber daya manusia yang profesional dalam bidang matematika;
  3. Meningkatkan kerjasama dengan institusi lain, pemerintah dan dunia industri yang terkait dengan pengembangan matematika dan terapannya;
  4. Menghasilkan penelitian matematika yang kompetitif, inovatif dan aplikatif;
  5. Menerapkan hasil-hasil penelitian dalam kegiatan pengabdian masyarakat serta menjadi mitra masyarakat dalam mencari solusi pemasalahan yang berkaitan dengan bidang matematika.

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI

Peneliti/Matematikawan.    Seseorang yang melakukan penelitian dalam aspek fundamental pada matematika atau dalam pengaplikasian ilmu matematika untuk perkembangan sains, teknologi, manajemen dan bidang lainnya. Menyelesaikan masalah dalam berbagai bidang dengan menggunakan berbagai metode pada matematika.

Pendidik. Tenaga kependidikan yang berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan ilmu matematika dengan tugas khusus sebagai profesi pendidik seperti, guru, dosen, pamong belajar, instruktur, tentor, dan fasilitator.

Wirausahawan.  Pelaku aktivitas wirausaha dengan berbakat mengenali produk, menentukan cara produksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Aktuaris/Statistikawan. Ahli dalam mempertimbangkan resiko dan biaya-biaya yang ditanggung oleh seseorang, menentukan kemungkinan kecelakaan, sakit, dan kematian juga kehilangan properti akibat manusia (pencurian/perampokan) dan bencana alam. Menerapkan dan mengembangkan statistika dalam bidang agroindustri dan lingkungan, ekonomi bisnis, serta kesehatan.

Programmer .  Tenaga ahli yang menyusun instruksi untuk sistem komputer dan bekerja secara esensial untuk pengembangan komputer, khususnya pada penulisan algoritma, pembuatan program dan perangkat lunak.

Analis/Konsultan. Tenaga ahli yang memiliki kemampuan dalam membaca dan membuat pertimbangan serta keputusan berdasarkan data yang ada di bidang keuangan, investasi jangka pendek maupun jangka panjang, bisnis dan bidang lainnya seperti analis keuangan, analis investasi, analis sistem bisnis, analis proyek dan operasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *