BIOLOGI

VISI PROGRAM STUDI

Program studi Biologi yang unggul dalam kajian riset  dasar ilmu biologi dan biologi terapan yang mendukung pengembangan sumber daya alam berbasis ketersediaan potensi lokal, agroindustri dan lingkungan di tahun 2025.

MISI PROGRAM STUDI

Untuk mencapai visi Program Studi Biologi maka dilaksanakan penjabaran dari visi tersebut yang dituangkan dalam Misi Program Studi Biologi dengan fokus kajian pada biodiversitas lokal potensial, pemanfaatan flora dan fauna sebagai bentuk aplikasi biologi, konservasi alam dan potensi mikroorganisme serta rekayasa dan bioteknologi. Adapun Misi Prodi Biologi meliputi:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di ilmu Biologi yang berkualitas dan berkelanjutan dengan memanfaatkan ICT (Information, Comunication, Technology) sehingga dapat menghasilkan sarjana biologi unggulan yang memenuhi kompetensi lulusan biologi
  2. Melaksanakan program di bidang biologi rekayasa, bioteknologi dan pemanfaatan serta pengelolaan sumberdaya hayati.
  3. Meningkatkan pelaksanaan penelitian dan pengembangan ilmu biologi sebagai dasar dalam mendukung pengembangan biologi dan agroindustri sumber daya alam lingkungan.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam pengembangan sumber daya alam dalam upaya transformasi ilmu pengetahuan dan hasil penelitian kepada masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

TUJUAN PROGRAM STUDI

  1. Menghasilkan Lulusan Sarjana Biologi yang berkompeten dalam pengkajian, pengembangan dan pelestarian sumber daya alam
  2. Menghasilkan lulusan Sarjana Biologi yang mampu mengembangkan ilmu biologi melalui penelitian berkelanjutan
  3. Menghasilkan lulusan Sarjana Biologi yang memiliki hasil penelitian terkait dalam pengembangan dan pelestarian sumber daya alam
  4. Menghasilkan lulusan Sarjana Biologi yang memiliki pengetahuan dalam pengembangan agroindustri dan lingkungan
  5. Menghasilkan lulusan sarjana Biologi yang menguasai teknologi yang terkait dengan bidang ilmunya, serta menguasai bahasa inggris sehingga mampu berkomunikasi aktif dan bersaing era globalisasi
  6. Menghasilkan lulusan Sarjana Biologi yang terampil dan memiliki jiwa kewirausahaan

SASARAN PROGRAM STUDI

  1. Dalam 5 tahun ke depan Program Studi Biologi telah menjadi pusat pengembangan biologi yang berperan dalam kemajuan IPTEK, yang berbasis agroindustri dan lingkungan dengan memanfaatkan biodiversitas lokal potensial, pemanfaatan flora dan fauna sebagai bentuk aplikasi biologi, konservasi alam dan potensi mikroorganisme serta rekayasa dan bioteknologi.
  2. Dalam 5 tahun kedepan Program Studi Biologi telah memiliki fasilitas, sarana, serta teknologi komunikasi dan informasi yang lengkap untuk sarana pembelajaran.
  3. Dalam beberapa tahun akan telah memiliki jaringan yang luas antara lain dengan pemerintah, dunia usaha, industri serta perguruan tinggi dan lembaga IPTEK lainnya, baik di dalam maupun di luar negeri.
  4. Pada Tahun 2020 Program Studi Biologi telah mempunyai Kualifikasi Kompetensi Nasional Indonesia(KKNI) dengan mengintegrasikan IPTEK di bidang Biologi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
  5. Pada Tahun 2020 Program Studi Biologi telah menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai kompetensi dan professional dengan rerata IPK > 3 lebih dari 90% lulusan.
  6. Pada Tahun 2020 Program Studi Biologi telah mengoptimalkan penggunaan fasilitas 4 jenis laboratorium untuk penelitian berlanjut mahasiswa dan dosen.
  7. Pada Tahun 2020 Program Studi Biologi telah mengoptimalkan 90% kinerja laboratorium TIK dalam proses penyelenggaraan kegiatan Program Studi Biologi.

Selain itu Prodi Biologi menganut sistem nilai UNJA yaitu pengembangan budaya kualitas (quality culture) yaitu budaya selalu berusaha melakukan perbaikan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan misi. Sistem nilai yang dianut oleh Program Studi Biologi juga menjamin kebebasan pengembangan diri yang adaptif dan kreatif.

Penyelenggaraan misi pendidikan dalam rangka menumbuhkembangkan wawasan yang menyeluruh dalam menghadapi fenomena sosial dan alam, serta dalam pengembangan dan penyebarluasan IPTEK memerlukan sejumlah sikap budaya kualitas yang meliputi:

  1. Berwawasan holistik dalam memandang setiap permasalahan.
  2. Mengutamakan kecermatan (taat azas, telaah kritis, teguh-tekun-ulet) dan kejujuran (sistematik-obyektif, dan bertanggung jawab) serta,
  3. Menjunjung tinggi 4 (empat) dimensi keunggulan manusia, yaitu kebenaran, kebaikan, keindahan, dan keutuhan.

Pengembangan IPTEK diarahkan untuk memperluas manfaat peran kemajuannya bagi pemikiran dan perilaku manusia dalam budaya kualitas, sehingga diperlukan pengembangan tindakan yang  menghargai keanekaragaman, apresiasi terhadap kompleksitas dan mengedepankan kreatifitas sebagai awal dari inovasi. Kemajuan IPTEK dalam budaya kualitas senantiasa digunakan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya budaya masyarakat, sehingga diperlukan untuk menumbuhkembangkan perilaku berbagi. Untuk itu diperlukan sikap yang mampu bekerjasama dalam kemitraan, responsif dan partisipatif dalam proses pembaharuan.

 STRATEGI PENCAPAIAN SASARAN PROGRAM STUDI

  1. Memperbaiki metoda pembelajaran dari setiap matakuliah dengan mengutamakan metoda SCL (Student Centered Learning) yang disesuaikan dengan karakteristik materi matakuliah tersebut yang merujuk pada roadmap pembelajaran;
  2. Mendorong pengembangan peneiltian oleh dosen yang melibatkan mahasiswa merujuk pada roadmap penelitian program studi dan roadmap fakultas;
  3. Mendorong berbagai kegiatan yang bisa meningkatkan kemampuan akademik dosen atau mahasiswa;
  4. Mendorong kegiatan yang meningkatkan semangat entrepreneurship di antara mahasiswa;
  5. Meningkatkan kemampuan dasar bidang keilmuan sains dan teknologi bagi mahasiswa baru dengan menata model TPB (tahapan perkuliahan tahun pertama bersama) yang dikemas dalam model pembelajaran yang inovatif;
  6. Meningkatkan kompetensi keilmuan tenaga pengajar melalui jenjang pendidikan lebih tinggi melalui studi lanjut (S-3) pada bidang ilmunya dan pelatihan;
  7. Membangun iklim kerja yang kondusif dan budaya kerja taat azas di kalangan sivitas akademika berbasis TIK;
  8. Menumbuhkembangkan kecerdasan emosional dan spiritual sivitas akademika;
  9. Peningkatan mutu dan relevansi penyelenggaraan tridharma dengan membangun dan memantapkan penyelenggaraan tridharma yang terorganisasi (profesional, handal dan dapat dipertanggungjawabkan) berbasis TIK;
  10. Penguatan dan penyehatan organisasi dan managemen dengan menata organisasi dan tata kerja di lingkungan institusi mengarah pada efisiensi dan efektivitas; membangun komunikasi yang efektif dan efisien diantara staf pengajar dan staf adiministrasi melalui rapat dan pembenahan sistem kerja, absensi online dan beberapa pelayanan lain yang bersifat online; dan mengoptimalkan kinerja organisasi yang ada di lingkungan institusi.
  11. Peningkatan dan pengembangan sarana dan prasarana dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana penunjang dalam proses belajar dan mengajar seperti laboratorium, perpustakaan dan fasilitas administrasi serta penyediaan gedung kuliah baru secara terintegrasi; menjadikan laboratorium ilmu dasar dan penelitian terakreditasi secara nasional; mengoptimalkan jaringan komunikasi komputer (LAN, Internet) sebagai komunikasi data administrasi; menjadikan laboratorium sebagai dasar dan wahana penelitian sebagai pusat pelayanan pendidikan, penelitian, dan usaha;
  12. Melaksanakan sistem monitoring dan evaluasi untuk perkembangan studi mahasiswa, rentang waktu penyelesaian skripsi, kedisiplinan dosen dan kecukupan sarana penunjang.

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI

1. Asisten Peneliti. Asisten peneliti yang profesional di bidang botani, zoologi, lingkungan, bioteknologi, mikrobiologi dan mikrobiologi terapan.

2. Calon Pendidik (Akademisi). Pengajar yang menguasai konsep teoritis dan praktik bidang pengetahuan yang terampil bagi pusat unggulan pendidikan berbasis ilmu biologi dan terapannya.

3. Manajer. Asisten manajer yang mampu mengelola dan memimpin laboratoriumdi berbagai industri dengan terampil.

4. Anggota Tim Konsultan. Asisten konsultan yang berkarya di bidang biologi dengan menguasai konsep  dan aplikasi dalam biologi medis dan biologi industri. Asisten konsultan yang memberi kontribusi dan solusi dalam menganalisis berbagai masalah lingkungan.

5. Enterpreneur /Wirausahawan. Pengusaha di bidang biologi dan terapannya dengan menciptakan produk-produk unggulan berbasis IPTEK yang bermanfaat dan bernilai jual tinggi.

6. Pengelola Operasional Perusahaan. Pengelola operasional perusahaan yang berkaitan dengan ilmu biologi yang mampu bekerja, membangun dan mengembangkan perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *