Agroindustri dan Tanaman Obat

Fokus penelitian: Eksplorasi, identifikasi dan karakterisasi yang bersumber dari alam untuk diperoleh informasi keanekaragaman hayati, sumber energi, sediaan farmasi dan senyawa kimia dan senyawa bioaktif secara kuantitatif. Meningkatnya kebutuhan akan bahan pangan yang sehat (nutraseutikal) dan obat (farmaseutikal) yang terjamin secara terus menerus, menuntut adanya suatu kemandirian baik ketersediaan bahan ataupun teknologinya.

Pengembangan dalam pengujian, bio-skreening dan optimalisasi hasil proses metabolik merupakan program yg akan dilakukan pada divisi ini. Produk yang diharapkan adalah pengembangan produk obat dari bahan alamĀ  (saintifikasi jamu, obat herbal terstandar, fitofarmaka). Uji klinik sediaan jamu dan herbal terstandar di puskesmas atau rumah sakit untuk indikasi sindrom metabolik dan penyakit lainnya. Formulasi sediaan farmasi dan pengembangan sistem penghantarannya. Pengembangan eksipien farmasi dengan memanfaatkan bahan alam.

Laboratorium ini digunakan untuk kegiatan praktikum dan penelitian matakuliah sebagai berikut:

  • Kimia Organik dan Bahan Alam
  • Kimia Farmasi
  • Kimia Dasar

Instrumen pendukung: TLC, UV-Vis, HPLC, GC dan beberapa perangkat instrumentasi lainnya. Kerjasama: Lembaga Eijkman Institute for Molecular Biology, Badan Konservasi, TNKS dan tenaga ahli dari FKIK