Sejarah Pendirian

Tahun 1996 Universitas Jambi memperoleh hibah kompetitif Development Undergraduate Education Project (DUE-Project) yang salah satu amanatnya adalah mendirikan FMIPA. Pemenuhan peralatan laboratorium dasar dan lanjut serta peningkatan kualifikasi dosen studi lanjut S-2 dan S-3 baik di dalam negeri maupun ke luar negeri merupakan agenda penting untuk menopang pengembangan ilmu-ilmu dasar. Namun, secara kelembagaan FMIPA yang dicita-citakan belum dapat diwujudkan. Untuk melayani kegiatan praktikum matakuliah dasar maka didirikan Unit Pelayanan MIPA (UPMIPA).

Rintisan FMIPA berlanjut dengan pembukaan program Diploma Tiga (D-III) Analis Kimia dan Kimia Industri dengan izin Dirjen Dikti No: 498/D/T/2002 Tanggal 11 Maret 2002 dan Program Studi Kimia dengan izin No: 2899/D/T/2007 Tanggal 28 September 2007 yang penyelenggaraannya di Kampus UNJA Sarolangun.
Awal tahun 2012 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. M. Nuh, DEA berkunjung ke Universitas Jambi dan menitipkan pesan kepada Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Aulia Tasman, M.Sc., Ph.D untuk membuka Fakultas MIPA dan Teknik. Tindak lanjut dari itu, Rektor menugaskan Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D dan Dr. Rayandra Asyhar, M.Si untuk studi banding ke FMIPA, Fakultas Teknik Industri dan Fakultas Farmasi Universitas Jember sehingga diperoleh gagasan untuk menggabungkan antara Ilmu MIPA, Teknologi dan Farmasi dengan mendirikan Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Tim Pendirian FST di bentuk berdasarkan SK Rektor No: 401/UN21/DT/2012, yakni Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D (FKIP), Dr. Ir. Suparjo, MP. (FAPET), Ir. H. Teguh Sumarsono, M.Si. (FAPET), Dr. H. Rayandra Asyhar, M.Si. (FKIP), Ir. H. Yusrizal, M.Sc., Ph.D (FAPET), Dr. Ir. Syahrial (FAPERTA) dan Drs. Faizar Farid, MSi (FKIP).

Memformulasikan FST menjadi fakultas dengan ketersediaan program studi yang ada di UNJA merupakan kendala utama karena berakibat pada reposisi keberadaan program studi dan fakultas yang sudah ada. Atas kerja keras Tim dan komitmen Rektor yang secara intensif berkonsultasi dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi dan Direktur Kelembagaan dan Kerjasama, maka keinginan untuk mendirikan FST dapat diwujudkan berdasarkan mandat Pemerintah Republik Indonesia cq. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No: 1598/E/T/2012 Tanggal 28 Desember 2012.

Pembentukan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi dituangkan dalam Surat Keputusan Rektor Nomor: 748B/UN21/DT/2012 Tanggal 10 Oktober 2012 dan diperkuat dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Jambi.