Energi, Rekayasa dan Mineral

Konsep penelitian laboratorium dalam klaster ini difokuskan pada pencarian, identifikasi, karakterisasi, dan sintesis dari suatu bahan untuk menghasilkan energi baru dan terbarukan serta pencarian material baru yang bersumber dari potensi lokal dan merekayasanya sebagai bentuk teknologi proses untuk menghasilkan produk yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Misalnya, konsep penelitian terintegrasi terkait dengan pengembangan energi desa mandiri yakni dengan memanfaatkan sumber energi yang ada dengan menggunakan micro hidro, batu bara maupun dengan memanfaatkan energi alternatif lainnya dan membuat dan merekaya alat yang dapat digunakan untuk melakukan usaha serta berwawasan lingkungan.

Laboratorium ini digunakan untuk kegiatan proses pembelajaran yakni berupa kegiatan praktikum dan penelitian dari matakuliah sebagai berikut: kimia anorganik, kimia fisik, Fisika Material, Geofisika, Geologi, dan teknik pertambangan sesuai dengan profil lulusan dalam kurikulum untuk masing-masing program studi yang telah disepakati.

Berbagai peralatan pendukung adalah XRD, SEM, mini lab. Material (batubara, biomasa, mineral dan bahan tambang lainnya), seperengkat peralatan seismik dan peralatan yang telah tersedia.

Kerjasama: Universitas Padjajaran, The University of Newcastle, Geopark Merangin (ESDM), Badan Geologi Nasional.